Pages - Menu

Rabu, 30 Mei 2012

puncak garuda


Tentang Merapi, gunung yang teraktif dan berbahaya di Indonesia, yang terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Segala keindahan dan aneka bumbu mitos seakan tak bisa lepas dari sosok Merapi, tetapi tetap menjadi idola bagi para pendaki kebanyakan, walau keadaan gunung sulit untuk di prediksikan, menggapai puncak Merapi adalah impian dan kepuasan.



    Puncak Merapi yang terkenal adalah Puncak Garuda, yang bentuknya mirip lambang negara Indonesia, burung Garuda, walau kini tak lagi utuh akibat dari guncangan Merapi beberapa kali, dan memuntahkan lava dari kubahnya. Untuk mencapai puncak Garuda, dari jalur pendakian awal, bisa kita mulai dari Pasar Bubrah di bawah puncak utama yang memakan waktu perjalanan normal sekitar 2 jam dengan model jalur berbatu dan tingkat kemiringan yang cukup tajam, sehingga di butuhkan kewaspadaan dan kehati - hatian yang tinggi. Setelah sampai di pinggir puncak, kita akan menemui dahulu jurang kawah mati, yaitu bekas kawah Merapi yang dalamnya sekitar 200 meter.

    Sebaiknya memang tak perlu berlama - lama di puncak, selain keadaan gunung yang sulit diterka, juga panas matahari yang seolah membakar tubuh. Cukuplah menikmati kegagahan Puncak garuda yang masih menjulang walau tak utuh lagi akibat guncangan dan gemuruh kawah Merapi di belakang puncak garuda. 

Berhati - hatilah saat menuruni puncak Merapi menuju pasar bubrah, karena seperti jalur naik, saat turunpun sama modelnya, yakni berbatu besar dan berbatu lepas, serta tingkat kemiringan yang tajam dan jangan sampai kita tersesat menuju ke Jurang Grawah Merapi yang merupakan jalur lahar menuju sungai Bebeng di Sleman Yogyakarta. Lewatilah jalur umum pendakian, jangan nekad mencari jalur baru tanpa prosedur dan latihan medan yang mencukupi.


Lihat Peta Lebih Besar
daftar pustaka:
http://www.belantaraindonesia.org/2010/10/puncak-garuda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar