Pages - Menu

Selasa, 29 Mei 2012

pantai depok

     Salah satu objek wisata di Yogyakarta yang menjadi target favorit kunjungan wisatawan adalah pantai Depok. Di samping keindahan pantainya, Pantai Depok menyediakan sajian kuliner yang khas. Oleh karena itu, pantai ini juga disebut pantainya para penggemar sea food. Letak Pantai Depok berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini masih tergolong asri sehingga memungkinkan wisatawan dapat menemui keindahan lain yang tidak dijumpai di Parangtritis. Lanskap Pantai Depok dihiasi dengan bangunan los yang memanjang, yakni Tempat Pelelangan Ikan (TPI). 
    
Hamparan Pantai Depok memanjang dengan latar belakang Laut Selatan. Sementara ombak yang silih berganti menepi menghadirkan suara deburan yang menenangkan telinga. Sebaiknya, ketika sudah melewati lokasi TPI Depok, wisatawan jangan terburu-buru ingin segera sampai di pantai. Luangkan waktu untuk berhenti sejenak menikmati hiruk pikuk pasar nelayan. Suasana tersebut akan bertambah kuat jika wisatawan berkunjung di akhir pekan. Biasanya aktivitas di akhir pekan lebih ramai bila dibanding dengan hari-hari biasa. 
     Nuansa hiruk pikuk Tempat Pelelangan Ikan adalah sensasi pertama Pantai Depok. Di pasar itu, wisatawan bisa menikmati akhir dari perjuangan para nelayan semalaman mengarungi laut mengunduh ikan, seperti: ikan bawal, tengiri, udang, kepiting dan lainnya. Nilai plus lain bila menikmati sea food di Pantai Depok adalah penyajiannya yang hanya sekejap. Jejeran warung tak perlu membutuhkan waktu lama untuk membuat masakan karena bahan-bahan yang dipesan sudah tersaji lengkap dan dalam kondisi segar. 
Sementara itu, sebagian pedagang ada yang menjajakan dagangannya dengan cara oprokan (pedagang kaki lima). Biasanya pedagang ini menjual ikan dalam bentuk yang sudah matang. Khususnya dibuat makanan seperti rempeyek. Ada rempeyek udang, rempeyek jingking (ikan hitam kecil-kecil), dan juga ikan bawal atau tengiri yang sudah digoreng. 
       Berbeda dengan Pantai Parangtritis, Pantai Depok memang tidak menyediakan delman. Tapi justru inilah keistimewaan pantai ini. Sebab dengan berjalan kaki sembari mendengarkan deburan ombak yang tak berhenti menubruk kawasan tepi pantainya, wisatawan dapat lebih detail menikmati setiap jengkal kawasan wisata pantai yang panjangnya sekitar 2 kilometer ini. 
      Di sudut yang lain, acap kali terlihat sekumpulan anak-anak muda yang bermain dengan ombak yang sedang menepi. Terkadang ada yang berani menantang gulungan ombak yang sepertinya memang tidak seganas di Parangtritis. Inilah penutup segala sensasi yang ditawarkan dari eksotika Pantai Depok.


Lihat Peta Lebih Besar

daftar pustaka:
http://www.jogjatrip.com/id/218/0 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar