Pages - Menu

Kamis, 07 Juni 2012

pantai parangtritis

     Menyebut wisata pantai yang ada di Yogyakarta, pasti ingatan kita akan tertuju pada Pantai Parangtritis. Pantai yang terletak di pesisir Selatan Pulau Jawa ini memang keberadaannya cukup terkenal. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pasti punya keinginan untuk menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Parangtritis. Tak heran, jika kemudian Pantai Parangtritis menjadi salah satu ikon obyek wisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 
    
Nama Parangtritis sendiri memiliki sejarah yang cukup menarik. Konon, ada seorangpelarian dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo yang melakukan semedi di kawasan ini. Saat sedang melakukan semedi, dia melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang). Kemudian dia memberi nama daerah tersebut Parangtritis yang berarti air yang menetes dari batu.
     Secara fisik, mungkin Pantai Parangtritis tidak seindah pantai-pantai yang ada di Pulau Bali atau pantai-pantai di Gunungkidul. Namun, hal itu tidak mengurangi animo masyarakat untuk berkunjung ke Parangtritis. Setiap akhir pekan atau musim liburan, Parangtritis selalu dijejali oleh wisatawan. 
     Butir-butir pasir halus yang beterbangan tertiup angin akan menyambut begitu Anda menjejakkan kaki di kawasan pantai yang memiliki kontur landai ini. Deretan bukit berbatu dan tebing karang menghiasi ujung Barat pantai. Sedangkan di sisi Timur terdapat Pantai Parangkusumo, gumuk pasir, Muara Sungai Opak, Pantai Depok, serta deretan pantai-pantai lain. Deretan pantai dan tebing2 tersebut bisa dinikmati satu paket dengan hanya membayar tiket Parangtritis saja. Tentu saja ini menjadi keuntungan lain bagi wisatawan saat mengunjungi Parangtritis. 
     Anda yang berjiwa petualang dapat mencoba paralayang dari ketinggian tebing-tebing di sebelah Barat. Terbang di atas ketinggian dengan pemandangan langit dan laut yang membiru akan memberikan pesona tersendiri bagi Anda. Selain Paralayang, Anda juga dapat mencoba olahraga yang tak kalah ekstremnya, yaitu panjat tebing. Deretan tebing-tebing Parangndog menawarkan sensasi pemanjatan dengan bonus pemandangan laut yang terhampar indah saat Anda sudah sampai di puncak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar